Ciri-Ciri Istri Shalihah

1. Penuh Kasih Sayang
Wanita merupakan makhluk yang sangat lembut penuh kasih sayang, manfaatkan karunia Allah dengan mencari keridhan suami. 
“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257.)

2. Berkhidmat Kepada Suami 
Melayani dan menyiapkan segala kebutuhan suami seperti makan dan minumannya, pakaian, sampai tempat tidurnya, sampai suami sangat ridha terhadap prilaku istrinya. Keridhaan Allah tergantung dari keridhaan suami. 
3. Berpenampilan yang Menarik
“Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya”. (HR. Abu Dawud no. 1417.)

4. Menjaga Rahasia Suami
Menjaga kehormatan suaminya, menjaga aibnya di depan siapa pun merupakan ibadah kepada Allah dan mencirikan kamu adalah wanita shalihah yang patut dipertahankan.

5. Tidak Bepergian Saat Suami di Rumah
Hal ini dapat menghalangi suami untuk istimta’ (bernikmat-nikmat) dengan istri. Melayani suami merupakan ibadah yang menyenangkan jika dijalani dengan ikhlas lillahi ta'ala.


6. Pandai Bersyukur
Betapa teduhnya rumah yang di dalamnya ada sosok istri yang senantiasa bersyukur dan qonaah saat senang mau pun sedih.
Menjadi istri shalihah memang penuh perjuangan, oleh karena itu, balasan dari Allah ialah surga yang kenikmatannya tak tertandingi. Surga terlalu mahal untuk diraih dengan kemudahan-kemudahan.
Semangat untuk memperbaiki niat, diri dan ibadah agar Allah izinkan kita menjadi istri shalihah.